#Blog 

Oleh-oleh Samarinda? Ada Amanda Brownies!


Kali ini saya akan membahas salah satu jajanan yang terkenal akan rasa manis dan tekstur khasnya, brownies. Nama Amanda Brownies sendiri sudah akrab di telinga masyarakat Samarinda, baik yang sedang mencari oleh-oleh buat kerabat atau acara semacam ulang tahun. Tulisan kali ini buat kalian yang, walau saya sendiri agak ragu, masih belum mengenal apa itu Amanda Brownies dan apa saja sih yang dijual.

Sedikit Sejarah

Amanda Brownies sendiri lahir dari kota yang terkenal akan wisata kulinernya, Bandung. Sebagai bagian dari ekspansinya, Amanda Brownies memulai bisnis di tanah borneo pada tahun 2013. Disambut hangat oleh masyarakat dan seiring meningkatnya antusias akan kudapan manis yang berdasar bahan cokelat ini, Amanda Brownies kemudian memperluas jaringannya outlet baru di kota Balikpapan pada Juni 2014. Oh, ya, secara keseluruhan Amanda Brownies memiliki 108 outlet yang tersebar di seluruh bagian Nusantara, banyak sekali, kan?

Dapat dilihat di website resmi mereka, dengan 50 jenis produk makanan dan pengalaman 20 tahun, tidak mengejutkan apabila Amanda Brownies memegang cukup banyak penghargaan hebat dalam bidang kuliner seperti Top Brand Award dan Rekor Business – REBI Award.

Ada Apa Aja Sih?

Kalian yang tidak sabar mencari oleh-oleh Samarinda untuk kerabat atau sekedar ingin berwisata kuliner, sekarang kita akan mengulik tuntas mengenai apa aja yang bisa kalian nikmati di Amanda Brownies. Tenang saja, semua produk halal, kok. Satu hal lagi, Amanda Brownies tidak hanya sebatas menyediakan makanan berupa brownies tetapi juga lapis legit, bolu, dan berbagai macam kudapan manis lainnya. Kalian bisa langsung cari lebih lanjut di sini.

Brownies Original (Rp 36,000.00 – Rp 44,000.00)

Brownies Original Yang pertama tentu saja yang simpel dan bisa menjadi pilihan paling aman, Brownies Original. Tapi tunggu sebentar, jangan samakan brownies satu ini dengan yang lainnya, ya. Brownies yang dibuat Amanda Brownies ini memiliki sedikit rasa moka yang khas dan tidak sekedar manis saja, tetapi ada sedikit rasa pahit yang memberikan keseimbangan tersendiri. Menurut saya ini bisa selalu menjadi pilihan untuk dijadikan oleh-oleh.

Brownies Strawberry (Rp 42,000.00 – Rp 50,000.00)

Brownies Strawberry Mari kita berpindah ke brownies dengan paduan dua citarasa ini, Brownies Strawberry. Brownies ini memiliki tiga lapisan, yang paling atas memberikan aroma strawberry dan warna merah muda khasnya, lapisan tengah merupakan keju yang membatasi antara lapisan strawberry dan lapisan terakhir yang merupakan brownies cokelat tua ciri khas kukus original. Brownies ini memiliki rasa manis yang pas dari buah strawberry namun dilengkapi dengan sedikit pahit yang diberikan oleh lapisan terakhirnya.

Brownies Pink Marble (Rp 44,000.00 – Rp 52,800.00)

Brownies Pink Marble Dengan motif indahnya, brownies satu ini benar-benar memikat mata. Motif marble yang terbuat dari cokelat yang disiram di atas permukaan strawberry yang bertekstur kering dan renyah ketika membeku. Aroma buah strawberry yang diberikan juga tidak kalah kuat dan harum. Tampilan yang indah dan juga rasa manis nan gurih, kurang lengkap apa lagi.

Brownies Tiramisu Marble (Rp 44,000.00 – Rp 52,800.00)

Brownies Tiramisu Marble Tidak kalah indah seperti sebelumnya, Brownies Tiramisu Marble juga mempunyai motif menawan terlukis di atas cokelat bekunya. Brownies beraroma tiramisu yang memikat, dipenuhi dengan taburan kacaang almond yang gurih dan asam dari kismis. Produk brownies yang ini memiliki kekayaan akan beragam macam rasa yang bersatu menjadi suatu kenikmatan khas kudapan manis. Brownies Tiramisu Marble ini bisa kalian jadikan alternatif dari Brownies Pink Marble yang sebelumnya.

Brownies Sarikaya Pandan (Rp 42,000.00 – Rp 50,000.00)

Brownies Sarikaya Pandan Kali ini adalah brownies dengan cita rasa khas Nusantara banget, pandan. Memiliki aroma harum yang unik dan menyegarkan, brownies ini memberikan cita rasa yang tidak bisa didapatkan dari brownies-brownies tempat lain. Lapisan pandannya lebih padat dan butiran-butiran di dalamnya memberikan tekstur yang sangat sedap tuk dinikmati perlahan.

Brownies Greentea (Rp 42,000.00 – Rp 50,000.00)

Brownies Greentea Nah, bagi kalian yang senang dengan cita rasa khas negeri tirai bambu atau negeri sakura, brownies satu ini wajib dicoba. Memiliki tiga lapisan yang dimana lapisan paling atas terbuat dari green tea mint yang memberikan aroma kuat yang khas. Green tea sendiri memberikan rasa manis yang tidak terlalu disertai dengan pahit yang tidak membuat mata mengernyit, bersatu dengan rasa manis yang diberikan oleh brownies kukus original pada lapisan ketiga dan keju yang memisahkan keduanya, brownies ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat.

Brownies Cream Cheese (Rp 64,000.00 – Rp 75,900.00)

Brownies Cream Cheese Akhirnya kita sampai ke brownies favorit saya, cream cheese. Rasa manis simpel yang diberikan oleh lapisan brownies kukus paling bawah, dipadu dengan asamnya lemon dan gurihnya keju. Yah, ini benar-benar cita rasa tidak ada duanya, sih. Bagian lemonnya sendiri memiliki tekstur yang lembut dan terasa meleleh di dalam mulut, aroma yang diberikan pun kuat dan membuat kesan segar. Lapisan kejunya yang bertindak sebagai pembatas pun memberikan keseimbangan antara asam lemon dengan manisnya brownies kukus dengan rasanya yang gurih. Mantap!

Brownies Bakar (Rp 40,000.00 – Rp 48,000.00)

Brownies Bakar Kita beranjak ke brownies yang memiliki cita rasa unik dengan dominan cokelatnya. Berpadu dengan keju bakar dan gurihnya kacang almond, brownies ini juga memberikan rasa asam yang segar dari kismis miliknya. Bagian atas brownies ini terbilang padat dan berisi dikarenakan topping yang memenuhi dirinya, mulai dari taburan kacang almond, parutan keju, serpihan cokelat manis, dan buah kismis. Gampangnya, ini adalah brownies paket lengkap yang simpel.

Brownies Kering (Rp 33,000.00 – Rp 43,000.00)

Brownies Kering Brownies ini mungkin cukup akrab di lidah masyarakat. Seperti namanya, brownies ini memiliki tekstur yang lebih kering ketimbang brownies kukus lainnya. Walau begitu, brownies ini tetap menghantarkan rasa manis, gurih, dan sedikit pahit yang tidak kalah dengan brownies kukus. Selain memiliki harga yang sangat terjangkau, brownies ini juga memiliki masa kadaluarsa yang panjang. Bertahan hingga sebulan setelah pembuatan apabila ditempatkan di tempat yang kedap udara, brownies ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk keluarga yang jauh.

Brownies Banana Cheese (Rp 42,000.00 – Rp 50,000.00)

Brownies Kering Menyisakan yang terakhir untuk yang terunik, brownies ini benar-benar menarik perhatian. Rasa dominan dari brownies kali ini adalah rasa pisang yang bercampur dengan biskuit yang berada di antara dua lapisan, tidak akan salah apabila berkata kalian hanya bisa membelinya di Amanda Brownies. Bagi kalian pencinta pisang, brownies ini merupakan jajanan wajib kalian cicipi dan borong sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Belinya Dimana?

Bagi kalian yang sudah tidak sabar dengan air liur yang mulai tidak terkendali, kalian bisa membeli langsung brownies buatan Amanda Brownies di outlet-outlet mereka baik di Balikpapan atau Samarinda. Untuk lokasi di Samarinda, kalian bisa datang ke outlet yang berada di jalan Jl. Jenderal Ahmad Yani No.11, RT.18, Sungai Pinang, Kec. Samarinda Utara atau Jl. Aminah Syukur No.57, Pelabuhan, Kec. Samarinda Kota. Kalian bisa saja langsung mengecek Google Maps di bawah ini.

Satu Pesan Lagi!

Kalian juga bisa memesan brownies Amanda Brownies melalui Grab Food atau GoFood. Tinggal buka aplikasinya, cari “Amanda Brownies” dan pesan, selesai! Kemudahaan seperti ini memang dibutuhkan di masa dimana kita harus menghindari tempat ramai, bukan?